Instrumen Musik Gitar Les Paul

Instrumen Musik yang satu ini adalah instrument yg sering kita lihat dan mungkin kita gunakan yaitu Gitar Listrik dengan tipe Gitar Les Paul. Mungkin teman-teman tau, gitar dengan model ini di gunakan sama Gitaris dunia yg dulu bergabung dalam sebuah band Guns n'Roses yaitu Slash. Dia adalah salah satu gitaris dunia yang mengangkat nama Intrumen Musik gitar les paul ini menjadi terkenal, dimana setiap aksi-aksi panggungnya dia selalu menggunakan gitar dengan merk tersebut, ya bisa dibilang udah trademarknya Slash dengan Gitar Les Paul itu.

   Disini saya sedikit mengulas asal-usul Gitar dengan tipe ini dibuat..

Model dan Variasi
 Gibson Les Paul garis gitar awalnya disusununtuk menyertakan dua model yaitu modelreguler (dijuluki Goldtop), dan model Custom,yang menawarkan upgrade hardware dan sentuhan warna hitam yang lebih formalNamun, kemajuan dalam pickuptubuh, dan desain hardware yang memungkinkan Les Paul menjadiseri jangka panjang solid-body gitar listrik yangditargetkan setiap harga-point dan level pasarkecuali untuk gitaris pemula yang lengkap.Pasar ini gitar pemula dipenuhi oleh modelMelody Makerdan meskipun Melody Makermurah tidak menanggung nama Les Paul,tubuhnya konsisten mengikuti desain Gibson Les Paul benar sepanjang zaman masing-masing.

Beyond desain membentuk dan tubuhada sejumlah karakteristik yang membedakan Gibson Les Paulgaris dari gitar listrik lainnyaMisalnyadengan cara yang sama dengan instrumen Gibson berlubang-tubuh, string gitar Les Paul selalu terpasang pada bagian atas tubuh gitar, bukan melalui tubuh gitar,seperti yang terlihat dalam desain pesaing Fender's. Gibson juga menawarkan berbagai warna, sepertiAnggur MerahEbonyClassic WhiteApi Burstdan Alpine WhiteSelain itu, Les Paul model yang ditawarkan berbagai selesai dan tingkat dekoratifberagam pilihan perangkat kerasdan sebuah arrayinovatif listrik pick-up opsibeberapa di antaranya secara signifikan mempengaruhi suara musik listrik.Sebagai contohpada tahun 1957Gibson memperkenalkan humbucker (PAF) yang merevolusi suara gitarlistrikdan menghilangkan kebisingan 60-siklus yang sebelumnya diganggu gitar dengan pickup single coilmagnetik.
   Mungkin penjelasan mengenai Gitar Les paul ini segini aja ya...
   Oiy disini juga ada info jika ingin mendapatkan gitar tersebut bisa lihat dan beli barangnya di toko onlinedi bawah ini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Konstruksi dan Komponen Sebuah Gitar part 4

Masih dengan materi yang sama komponen pada gitar,,

String
Gitar standar memiliki enam senar tapi empat, tujuh, delapan, sembilan, sepuluh, sebelas, dua belas, tiga belas dan delapan belas-string gitar juga tersedia.Klasik dan gitar flamenco historis digunakan senar usus tetapi ini telah digantikan oleh bahan polimer, seperti nilon dan fluorocarbon. Senar gitar modern terbuat dari logam, polimer, atau hewan atau bahan tanaman produk. Instrumen menggunakan "baja" string mungkin memiliki string terbuat dari paduan menggabungkan baja, nikel atau perunggu fosfor. string Bass untuk kedua instrumen yang luka daripada monofilamen.
 
Tubuh (gitar akustik)Pada Gitar Akustik, getaran string ditularkan melalui jembatan dan pelana ke tubuh melalui papan suara. Papan suara biasanya terbuat dari kayu nada seperti cemara atau aras. Kayu untuk kayu nada yang dipilih untuk kedua kekuatan dan kemampuan untuk mentransfer energi mekanik dari string ke udara di dalam tubuh gitar. Sound lebih lanjut dibentuk oleh karakteristik resonansi rongga tubuh gitar.

Pada gitar listrik, transduser dikenal sebagai pickup mengkonversi getaran string ke sinyal listrik, yang pada gilirannya diperkuat dan diberi makan ke speaker, yang bergetar udara untuk menghasilkan suara yang kita dengar. Namun demikian, tubuh gitar listrik masih melakukan peran dalam membentuk tanda tangan tonal yang dihasilkan.Dalam instrumen akustik, tubuh gitar adalah penentu utama dari kualitas suara secara keseluruhan. Bagian atas gitar, atau soundboard, adalah unsur halus dibuat dan direkayasa terbuat dari tonewoods seperti pohon cemara dan cedar merah. Ini sepotong kayu tipis, seringkali hanya 2 atau 3 mm tebal, diperkuat oleh berbeda jenis internal bracing. atas ini dianggap oleh banyak luthiers menjadi faktor dominan dalam menentukan kualitas suara. Mayoritas suara instrumen terdengar melalui getaran atas Gitar Akustik sebagai energi dari string bergetar ditransfer untuk itu.

Ukuran tubuh, bentuk dan gaya telah berubah dari waktu ke waktu. gitar abad ke-19, sekarang dikenal sebagai gitar salon, lebih kecil dibandingkan instrumen modern. Berbeda pola internal bracing telah digunakan dari waktu ke waktu oleh luthiers. Torres, Hauser, Ramirez, Fleta, dan C.F. Martin termasuk di antara yang paling desainer berpengaruh besar waktu mereka. Pengaku tidak hanya memperkuat bagian atas terhadap keruntuhan timbul akibat stres yang diberikan oleh senar dikencangkan, tetapi juga mempengaruhi karakteristik resonansi dari atas. Bagian belakang dan samping terbuat dari berbagai macam kayu seperti mahoni, rosewood India dan sangat dihormati Brasil rosewood (Dalbergia nigra).Masing-masing terutama dipilih untuk efek estetika mereka dan dapat dihiasi dengan Inlays dan purfling.

Tubuh Gitar Akustik memiliki lubang suara melalui proyek-proyek suara. Lubang suara biasanya merupakan lubang bundar di bagian atas gitar di bawah senar. Udara di dalam tubuh bergetar sebagai bagian atas tubuh gitar dan bergetar oleh senar, dan respon dari rongga udara pada frekuensi yang berbeda ditandai, seperti sisa tubuh gitar, oleh sejumlah mode resonansi di mana ia bereaksi lebih kuat .

Instrumen dengan wilayah yang lebih luas untuk bagian atas gitar diperkenalkan oleh Martin dalam upaya untuk menciptakan tingkat volume keras. Popularitas ukuran yang lebih besar "kapal penempur" tubuh antara artis akustik ini terkait dengan volume suara yang lebih besar yang dihasilkan.
 
Tubuh (gitar listrik)Sebagian besar badan Gitar Listrik terbuat dari kayu, dan termasuk penjaga memilih plastik. Papan cukup lebar untuk digunakan sebagai tubuh yang padat sangat mahal karena menipisnya stok kayu keras di seluruh dunia sejak 70, jadi kayu ini jarang satu bagian padat.Kebanyakan badan terbuat dari dua potong kayu dengan beberapa dari mereka termasuk jahitan mengalir di garis tengah tubuh. Hutan yang paling umum digunakan untuk pembangunan badan Gitar Listriktermasuk maple, basswood, ash, poplar, alder, dan mahoni. Banyak tubuh terdiri dari hutan yang baik terdengar tetapi murah, seperti abu, dengan lapisan "top", atau tipis lain, kayu lebih menarik (seperti maple dengan pola alami "api") terpaku pada bagian atas kayu dasar. Guitars dibangun seperti ini sering disebut "puncak api". Tubuh biasanya diukir atau dialihkan untuk menerima unsur-unsur lainnya, seperti jembatan, pickup, leher, dan komponen elektronik lainnya. Sebagian besar listrik memiliki poliuretan atau menyelesaikan lacquer nitroselulosa. bahan alternatif lain untuk kayu, digunakan dalam konstruksi gitar tubuh. Beberapa di antaranya adalah karbon komposit, bahan plastik, dan paduan alumunium.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Konstruksi dan Komponen Sebuah Gitar part 3

Truss rod
Batang rangka adalah batang logam yang berjalan di sepanjang bagian dalam leher. Hal ini digunakan untuk mengoreksi perubahan kelengkungan leher yang disebabkan oleh leher kayu penuaan, perubahan kelembaban atau untuk mengkompensasi perubahan ketegangan senar. Ketegangan dari perakitan batang dan leher disesuaikan oleh kacang hex atau baut allen-tombol pada batang, biasanya terletak baik di headstock, kadang-kadang di bawah penutup, atau hanya di dalam tubuh gitar di bawah fretboard dan dapat diakses melalui lubang suara.Beberapa batang rangka hanya dapat diakses dengan menghapus leher. Batang truss melawan jumlah besar ketegangan senar tempat di leher, leher membawa kembali ke posisi tegak. Menghidupkan batang truss searah jarum jam ketat itu, menangkal ketegangan senar dan meluruskan leher atau membuat mundur busur. Menghidupkan batang truss mengendur berlawanan arah jarum jam itu, memungkinkan tegangan tali untuk bertindak pada leher dan menciptakan membungkuk ke depan. Mengatur batang truss mempengaruhi intonasi gitar serta ketinggian senar dari fingerboard, yang disebut aksi. Beberapa sistem batang truss, yang disebut "double action" sistem rangka, mengencangkan dua arah, memungkinkan leher yang akan mendorong kedua maju dan mundur (batang truss standar hanya bisa dirilis ke titik di luar yang leher tidak lagi dipadatkan dan ditarik ke belakang) .

Gitar Klasik tidak memerlukan batang truss sebagai string nilon mereka mengerahkan kekuatan tarik yang lebih rendah dengan potensi yang lebih rendah dapat menyebabkan masalah struktural. Namun leher mereka sering diperkuat dengan strip dari kayu keras, seperti strip eboni mengalir di bagian belakang leher cedar. Tidak ada penyesuaian ketegangan pada bentuk penguatan. Oleh sebab itu Gitar Klasik sangat simpel pembuatannya.
Double Leher Gitar
Gitar listrik memiliki dua leher, yang memungkinkan musisi dengan cepat beralih antara suara gitar.

Ini adalah titik di mana Leher Gitar  baik kabur atau terpaku pada tubuh gitar. Hampir semua baja-string akustik gitar, dengan pengecualian utama Taylor, telah menempel (atau dikenal sebagai set) leher, sedangkan gitar listrik yang dibangun menggunakan kedua jenis. gitar klasik Kebanyakan memiliki leher dan headblock diukir dari satu potong kayu, yang dikenal sebagai "tumit Spanyol."

Umumnya digunakan sendi leher mengatur termasuk tanggam dan sendi duri (seperti yang digunakan oleh CF Martin & Co), pas sendi (juga digunakan oleh CF Martin di D-28 dan model semacam itu) dan sendi tumit Spanyol leher, yang dinamaisepatu mereka menyerupai dan umum ditemukan di gitar klasik.Ketiga jenis menawarkan stabilitas. Bolt-on leher, meskipun mereka secara historis terkait dengan instrumen yang lebih murah, jangan menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam gitar set-up, dan mengizinkan akses lebih mudah untuk pemeliharaan dan perbaikan sendi leher.

Tipe lain dari leher, hanya tersedia untuk gitar listrik solid body, adalah leher-melalui konstruksi-tubuh. Ini dirancang sedemikian rupa sehingga segala sesuatu dari mesin kepala ke jembatan terletak di sepotong kayu yang sama. Sisi (juga dikenal sebagai sayap) dari gitar ini kemudian terpaku sepotong pusat.Beberapa luthiers memilih metode konstruksi mereka mengklaim itu memungkinkan lebih baik mempertahankan catatan masing-masing. Beberapa instrumen mungkin tidak memiliki sendi leher sama sekali, memiliki leher dan sisi dibangun sebagai satu bagian dan tubuh dibangun di sekitar itu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Konstruksi dan Komponen Sebuah Gitar part 2

Kacang/ Gading gajah

   Kacang adalah strip kecil tulang, plastik, kuningan, Corian, grafit, stainless steel, atau bahan medium-keras lainnya, pada sendi mana headstock bertemu fretboard. Its alur panduan senar ke fretboard, memberikan penempatan string konsisten lateral. Ini adalah salah satu titik akhir dari panjang string 'bergetar. Itu harus akurat dipotong, atau dapat berkontribusi untuk tuning masalah karena selip string, dan / atau buzz string. Untuk mengurangi gesekan string dalam kacang, yang dapat mempengaruhi stabilitas tuning, beberapa gitaris cocok dengan kacang roller. Beberapa instrumen menggunakan fret nol di depan mur. Dalam hal ini kacang ini digunakan hanya untuk penyelarasan lateral senar, ketinggian string dan panjang yang didikte oleh zero fret.

Inlays
   
Inlays adalah elemen visual set ke permukaan luar gitar. Lokasi khas untuk inlay berada di headstock, fretboard, dan pada gitar akustik sekitar soundhole, yang dikenal sebagai roset tersebut.Inlays berkisar dari titik plastik sederhana di Fretboard rumit untuk karya seni yang mencakup seluruh permukaan luar sebuah gitar (depan dan belakang). Beberapa pemain gitar telah menggunakan LED di fretboard untuk menghasilkan efek pencahayaan yang unik di atas panggung.Inlays Fretboard yang paling sering berbentuk seperti titik-titik, bentuk berlian, jajaran genjang, atau blok besar di antara frets.Dots biasanya hias ke tepi atas fretboard dalam posisi yang sama, cukup kecil untuk terlihat hanya untuk pemain. Ini biasanya muncul pada bernomor ganjil frets, tetapi juga pada (tandai satu oktaf) fret 12, bukan 11 dan 13 frets. Beberapa high-end yang lebih tua atau instrumen telah Inlays terbuat dari kulit mutiara, kerang, gading, berwarna kayu atau bahan eksotis lainnya dan desain. Simpler Inlays sering dibuat dari plastik atau dicat. gitar klasik High-end jarang memiliki Inlays fretboard sebagai pemain terlatih diharapkan untuk mengetahui bagaimana cara nya sekitar instrumen.
    
Selain fretboard inlay, headstock dan soundhole surround juga sering bertatah. Logo pabrikan atau desain kecil sering hias ke headstock. desain Rosette bervariasi dari lingkaran konsentris sederhana untuk ukiran halus meniru roset bersejarah kecapi. Bindings bahwa ujung jari dan papan suara yang kadang-kadang bertatah. Beberapa instrumen memiliki strip pengisi mengalir panjang dan di belakang leher, yang digunakan untuk kekuatan dan / atau untuk mengisi rongga melalui mana trussrod tersebut telah terpasang di leher.Inlays rumit adalah fitur dekoratif banyak edisi terbatas, high-end dan gitar custom-made. Guitar produsen sering rilis gitar tersebut untuk merayakan tonggak signifikan atau bersejarah. 
Leher Gitar
Sebuah gitar frets, fretboard, tuner, headstock, dan batang truss, semua terpasang ke ekstensi kayu panjang, secara kolektif merupakan lehernya. Kayu yang digunakan untuk membuat fretboard biasanya berbeda dari kayu di seluruh Leher GitarTegangan lentur pada leher cukup besar, terutama ketika string gauge berat yang digunakan (lihat Tuning), dan kemampuan leher untuk menahan lentur (lihat batang Truss) adalah penting untuk kemampuan gitar untuk mengadakan lapangan konstan selama tuning atau bila string yang resah. Kekakuan pada leher sehubungan dengan tubuh gitar adalah salah satu penentu dari instrumen yang baik versus satu miskin. Bentuk leher juga dapat bervariasi, dari kurva lembut "C" ke kurva lebih diucapkan "V".Ada berbagai jenis leher profil yang tersedia, gitaris memberikan banyak pilihan. Beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam leher gitar mungkin lebar keseluruhan fingerboard, skala (jarak antara frets), kayu leher, jenis konstruksi leher (misalnya, leher mungkin terpaku di dalam atau melesat pada), dan bentuk (profil) dari belakang leher. Lain jenis bahan yang digunakan untuk membuat leher gitar grafit (Steinberger gitar), aluminium (Kramer Guitars, Travis Bean dan gitar Veleno), atau serat karbon (Modulus Guitars dan ThreeGuitars). Double leher gitar listrik memiliki dua leher, yang memungkinkan musisi dengan cepat beralih antara suara gitar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Konstruksi dan komponen Sebuah Gitar

Konstruksi dan Komponen Gitar


 Umum
Gitar bisa dibangun untuk memenuhi tuntutan kedua pemain kiri dan kanan tangan. Secara tradisionaltanganyang dominan diberikan tugas pemetikan atau strumming senar. Bagi kebanyakan orang inimemerlukanmenggunakan tangan kanan. Hal ini karena ekspresi musik (dinamika, ekspresi nada, warna,dll) sangat ditentukan oleh tangan memetik, sementara tangan mengeluh diberikan tugas mekanis lebih rendah darimenekan dan mencengkeram string. Hal ini mirip dengan konvensi dari keluarga biolainstrumen mana tangankanan kontrol haluan. Waktu-tangan pemain umumnya memilih instrumen (cermin)kidal, meskipun beberapabermain dengan cara standar tangan kanan, yang lain memainkan gitar tangan kanan standar terbalik, danyang lain (misalnya Jimi Hendrix) memainkan tangan kanan gitar tegangsebaliknya. Konfigurasi terakhir iniberbeda dari gitar kidal benar bahwa pelana biasanya miring sedemikianrupa sehingga string bass yangsedikit lebih panjang daripada senar treble untuk meningkatkan intonasi.Membalikkan string sehinggamembalikkan orientasi relatif dari sadel (intonasi negatif yang mempengaruhi), meskipun dalam kasus Hendrix'ini diyakini telah menjadi elemen penting dalam suarayang unik.
 
Headstock 
Headstock ini terletak di ujung leher gitar terjauh dari tubuh. Hal ini dilengkapi dengan kepala mesin yangmengatur ketegangan senar, yang pada gilirannya mempengaruhi lapangan. Layout tuner tradisional "3 +3"dimana setiap sisi headstock memiliki tiga tuner (seperti pada Gibson Les Paul). Pada tata letak ini,headstocksbiasanya simetris. Banyak gitar fitur layout lain juga, termasuk enam-line di-(tampil di FenderStratocaster)tuner atau bahkan "4 +2" (Ernie Ball Music Man). Namun, beberapa gitar (sepertiSteinbergers) tidakmemiliki headstocks sama sekali, dalam hal ini mesin tuning terletak di tempat lain,baik pada tubuh ataujembatan.

FretboardJuga disebut fingerboard, Fretboard adalah sepotong kayu tertanam dengan logam frets yang terdiri atas leher. Hal ini datar pada gitar klasik dan agak melengkung melintang pada gitar akustik dan listrik.Kelengkungan fretboard diukur dengan radius fretboard, yang adalah radius lingkaran hipotetis yang permukaan fretboard itu merupakan segmen. Semakin kecil radius fretboard, semakin terasa melengkung fretboard tersebut. Paling modern gitar menampilkan 12 "radius leher, sedangkan gitar lebih tua dari tahun 1960-an dan 1970-an biasanya menampilkan 6-8" radius leher. Mencubit string terhadap fretboard efektif lebih pendek panjang bergetar string, menghasilkan pitch yang lebih tinggi. Fretboards yang paling sering dibuat dari rosewood, ebony, maple, dan bahan kadang-kadang dibuat atau komposit seperti HPL atau resin. Lihat di bawah pada bagian "leher" untuk kepentingan panjang fretboard dalam kaitannya dengan dimensi lain dari gitar. 
FretsFrets adalah logam strip (biasanya paduan nikel atau stainless steel) tertanam di sepanjang fretboard dan terletak pada titik yang tepat yang membagi panjang skala sesuai dengan rumus matematika tertentu.Menekan string terhadap fret menentukan panjang string 'bergetar dan karena pitch yang dihasilkan nya.Pitch dari setiap fret berturut-turut didefinisikan pada interval setengah langkah pada skala berwarna.Standar gitar klasik memiliki 19 frets dan gitar listrik antara 21 sampai 24 frets, walaupun gitar telah dibuat dengan sebanyak 27 frets.
    
Frets diletakkan ke rasio matematika yang menghasilkan pembagian marah sama dari oktaf. Rasio jarak dua berturut-turut frets adalah akar kedua belas dari dua. dua belas yang resah membagi panjang skala dalam dua bagian yang tepat dan fret 24 posisi membagi skala panjang setengah lagi. Setiap dua belas frets merupakan salah satu oktaf. Dalam prakteknya, luthiers menentukan posisi fret menggunakan 17,817 konstan, yang berasal dari akar kedua belas dua (17,817 = (1-2-1/12) -1). Panjang skala dibagi dengan nilai ini menghasilkan jarak dari mur yang pertama fret. jarak itu dikurangi dari skala panjang dan hasilnya dibagi dalam dua bagian oleh konstan untuk menghasilkan jarak dari pertama fret ke fret kedua.Posisi untuk sisa frets dihitung dengan cara seperti  realisasi jarak fret tidak menggunakan nilai ini tepat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Mengenal Musik Tradisional Dengan Instrumennya

Musik

Nuansa Minangkabau yang ada di dalam setiap Instrumen musik Sumatera Barat yang dicampur dengan jenis musik apapun saat ini pasti akan terlihat dari setiap karya lagu yang beredar di masyarat. Hal ini karena musik Minang bisa diracik dengan aliran musik jenis apapun sehingga enak didengar dan bisa diterima oleh masyarakat. Unsur musik pemberi nuansa terdiri dari instrumen alat Musik Tradisionalaslung, bansi , talempong, rabab , dan gandang tabuik.
Ada pula saluang jo dendang, yakni penyampaian dendang (cerita berlagu) yang diiringi saluang yang dikenal juga dengan nama sijobang.Musik Tradisional Minangkabau berupa Instrumen dan lagu-lagu dari daerah ini pada umumnya bersifat melankolis. Hal ini berkaitan erat dengan struktur masyarakatnya yang memiliki rasa persaudaraan, hubungan kekeluargaan dan kecintaan akan kampung halaman yang tinggi ditunjang dengan kebiasaan pergi merantau.
Industri musik di Sumatera Barat semakin berkembang dengan munculnya seniman-seniman Minang yang bisa membaurkan musik modern ke dalam Musik Tradisional Minangkabau. Perkembangan musik Minang modern di Sumatera Barat sudah dimulai sejak tahun 1950-an ditandai dengan lahirnya Orkes Gumarang.
Elly Kasim, Tiar Ramon dan Yan Juned adalah penyanyi daerah Sumatera Barat yang terkenal di era 1970-an hingga saat ini.Perusahaan-perusahaan rekaman di Sumatera Barat antara lain:Tanama Record, Planet Record, Pitunang Record, Sinar Padang Record, Caroline Record yang terletak di kota Padang dan Minang Record, Gita Virma Record yang terletak di kota Bukittinggi.
Saat ini para penyanyi, pencipta lagu, dan penata musik di Sumatera Barat bernaung dibawah organisasi PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi Pencipta lagu Penata musik Rekaman Indonesia) dan PARMI (Persatuan Artis Minang Indonesia).

Tarian Tradisional

Secara garis besar seni tari dari Sumatera Barat adalah dari adat budaya etnisMinangkabau dan etnis Mentawai. Kekhasan seni tari Minangkabau umumnya dipengaruhi oleh agama Islam, keunikan adat matrilineal dan kebiasan merantau masyarakatnya juga memberi pengaruh besar dalam jiwa sebuah tari tradisi yang bersifat klasik, diantaranya Tari Pasambahan, Tari Piring, Tari Payung dan Tari Indang. Sementara itu terdapat pula suatu pertunjukan khas etnis Minangkabau lainnya berupa perpaduan unik antara seni bela diri yang disebut sile dengan tarian, nyanyian dan seni peran (acting) yang dikenal dengan nama Randai.
Sedangkan untuk tarian khas etnis Mentawai disebut Turuk Laggai. Tarian Turuk Langai ini umumnya bercerita tentang tingkah laku hewan, sehingga judulnya pun disesuaikan dengan nama-nama hewan tersebut, misalnya tari burung, tari monyet, tari ayam, tari ular dan sebagainya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments